Index Berita

Pendaftaran dan Pelaksanaan Uji Kompetensi di masa Covid-19

PENDAFTARAN DAN PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI DI MASA PANDEMI COVID-19

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, Pasal 33 ayat (1): “untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, Pustakawan yang akan naik jabatan harus mengikuti  dan lulus uji kompetensi”.

Mengingat peraturan perundang-undangan yang berlaku dimasa Covid-19, yang sebagian aktivitas perkantoran mengikuti metode Work From Home,  ketat menjaga protocol Kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan lain-lain, sehingga  sangat berisiko apabila uji kompetensi dilakukan melalui pertemuan diruang tertentu yang memicu kerumunan.

Pelaksanaan uji kompetensi mulai Juni 2020 dilakukan secara Work From Home yang dilaksanakan setiap pekan pertama dan ketiga setiap bulan.

Peserta yang mengikuti uji kompetensi yang telah melakukan pendaftaran uji kompetensi dengan cara:

  • Memastikan data Jabatan Pustakawan Anda pada database Utama Pustakawan pada link: https://pustakawan.perpusnas.go.id/penelusuran/pustakawan
  • Apabila data Anda tidak terdapat dalam database Pustakawan, Anda dapat terlebih dahulu menghubungi Admin terkait, mengingat data uji kompetensi pustakawan terkait dengan database yang resmi. Kontak Person: 0821-3610-8029, Sdr. Sodiq Pangkalan Data; Subjek: Approve database Pustakawan.
  • Selanjutnya Apabila data Anda sudah tercantum dalam database Pustakawan, Anda dapat langsung melakukan register terlebih dahulu untuk mendapatkan username dan Password melalui link: http://kompetensi.pustakawan.perpusnas.go.id/register
  • Dalam laman tersebut mengharuskan Anda masukan NIP Anda, Nama Diberikan otomatis (apabila sudah terdaftar dalam database Pustakawan), dan e-mail aktif Anda.
  • Setelah Anda mengklik Daftar, system mengirimkan username dan password Anda melalui notifikasi email aktif Anda.
  • Apabila username dan Password Anda sudah Anda dapatkan, Anda dapat login ke system Uji kompetensi melalui link: http://kompetensi.pustakawan.perpusnas.go.id/admin/login
  • Anda dapat mengubah Passsword Anda dan mengupload foto pada Profile Account Anda.
  • Setelah masuk ke dalam system, Anda diharuskan komit melakukan pengajuan dengan mengkilik Tombol Pengajuan.
  • Isikan data-data Anda dengan benar dengan menyertakan berkas-berkas yang diperlukan.
  • Jangan submit terlebih dahulu sebelum data dan berkas yang Anda upload sudah benar. Data yang sudah di submit tidak dapat diubah kembali.
  • Pilih promosi Jabatan yang akan Anda duduki
  • Klim tombol kirim sebagai tanda Komit melakukan pendaftaran
  • Panitia akan memverifikasi berkas pendaftaran Anda dimasa atau periode satu pekan sebelum ujian,  melalui email aktif Ana
  • Anda dapat memgirimkan pesan melalui Whatsapp: 0812-8181-3323  dengan mengirimkan nomor pendaftraan Anda.
  • Berkas pendaftaran yang sesuai persyaratan akan diberikan Status: Diterima , apabila belum sesuai persyaratan diberikan status :Dikembalikan.
  • Apabila pada status dikembalikan, berarti Anda harus memperbaiki data/berkas pendaftaran Anda sesuai notifikasi yang diberikan panitia. Selanjutnya Anda dapat mensubmit ulang.
  • Apabila pendaftaran anda sudah benar, panitia akan memasukan nomor HP Anda yang tertera dalam account Anda melalui group Whatsapp.
  • Informasi Jadwal, pelaksanaan ujian, tata cara ujian, proses penerbitan sertifikat dan lain-lain akan diinformasikan secara detail pada group WA.
  • Hal-hal yang belum jelas dapat menghubungi panitia melalui Whatsapp: 0812-8181-3323